Jatam Berkolaborasi dengan KTNA Cilacap Dampingi Petani Padi di Musim Kemarau

pdmcilacap.com, Cilacap – Jamaah Tani Muhammadiyah (Jatam) Cilacap berkolaborasi dengan Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Cilacap dalam program demplot pendampingan petani padi di musim kemarau. Program ini akan dilaksanakan di area persawahan di Kecamatan Cimanggu.

Ketua Jatam Cilacap Narsito mengungkapkan pertanian terpadu sebagai peluang untuk kolaborasi dan bermitra antara Jatam dan KTNA. “Program Jatam sudah bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Petani Jatam mendapatkan sumbangan mesin pompa air dengan diesel penggerak 6,5 PK” ujarnya.

Saat ini program demplot sedang berjalan, dimulai dengan mengolah lahan sawah. “Tanam benih padi, diusahakan secara serempak,” tegasnya.

Disebutkan, KTNA sebagai kelompok gabungan petani se-Kabupaten Cilacap berkolaborasi dengan Pemkab Cilacap.  “Kami berharap, teknik demplot Jatam bisa bekerjasama dengan KTNA.
Untuk menjembatani kami sebagai petani dengan Pemerintah,” ungkapnya.

Secara terpisah Ketua KTNA Kabupaten Cilacap, Ruswanto mengatakan banyak narasumber ahli pertanian terpadu di KTNA, untuk berbagi pengalaman sebagai pelaku utama dan pelaku usaha. “Kami siap menjadi narasumber di bidang pertanian terpadu, khususnya untuk teknologi pertanian,” ucapnya.

Dijelaskan, kolaborasi dan kemitraan KTNA  Cilacap dan Jatam sebagai ajang berbagi pengalaman mengenai Panca Usaha Tani. Sedangkan, untuk kemitraan bisa bekerjasama dalam pemasaran produk. “Kerjasama di bidang keterampilan dalam membuat olahan pangan produk pertanian juga dilengkapi tempat pelatihannya,” paparnya.

Program Jatam saat ini tentang demplot pendampingan petani di musim kemarau. Maka, dapat dilakukan pompanisasi agar pengairan hamparan sawah tercukupi. “Selain itu penanganan hama penyakit terutama di musim kemarau biasanya serangan tikus dengan gropyokan,” ucapnya.

Pihaknya juga siap menjembatani Jatam dengan Pemkab Cilacap melalui Dinas Pertanian. “Kebdepan pengurus Jatam dan KTNA perlu duduk bersama mengenai langkah memajukan pertanian di Kabupaten Cilacap,” pungkasnya.(wasis/sand)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *