Safari Dakwah PWM Jateng di Cilacap dan Gairah Persyarikatan Muhammadiyah

pdmcilacap.com, CILACAP – Dua hari pada akhir pekan lalu, Sabtu – Ahad (20 – 21/1/2024) menjadi hari istimewa bagi Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Cilacap. Dua hari itu PDM di ujung selatan Pulau Jawa ini menjadi tuan rumah dari serangkaian Safari Dakwah Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah.

Ada 10 mubaligh dari Majelis Tabligh PWM Jawa Tengah melaksanakan safari yang dipimpin langsung oleh Ketua Majelis Tabligh PWM Jateng, Ali Trigiatno, tersebar di 20 Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) se Kabupaten Cilacap.

Kesepuluh mubaligh itu masing-masing Ustaz Ali Trigiatno, Ustaz Musono, Ustaz Isa Ansori, Ustaz Abbiyu Mahir Amar, Ustaz Abdi Salimi, Ustaz Bahtiar Efendi, Ustaz Asep Daud Kosasih, Ustaz Muslih HS, Ustaz Junaedi Abdillah, dan Ustaz Dasum Ma’futsani.

Ustaz Ali Trigiyatno mengawali agenda dengan memberikan tausiyah dan motivasi “Yang Muda, Yang Berprestasi dan Sukses” di hadapan ratusan santri tsanawiyah dan aliyah Ponpes Darul Ulum Muhammadiyah Majenang, Sabtu malam (20/1/2024). Dalam kesempatan itu didampingi tim dari Majelis Tabligh, Wakil Ketua PDM Cilacap, Amin Ma’ruf serta Majelis Pustaka & Informasi (MPI) PDM Cilacap.

Sesi kedua masih di Majenang, Ustaz Ali kemudian mengisi tausiyah di Pengajian Rutin Ahad Pagi (21/1/2024) di Taman Kota. “Pesan kami untuk warga Muhammadiyah agar gemar melakukan ibadah sosial sebagai ciri dari gerakan Muhammadiyah, selain ibadah-ibadah yang sudah ditentukan tata caranya,” kata matan Ketua PDM Kabupaten Batang ini di hadapan jamaah Muhammadiyah.

Selanjutnya Ustaz Musono bersafari di 3 PCM. Dimulai ba’da Isya di PCM Karangpucung, ba’da Subuh di PCM Cimanggu dan Ahad pagi pukul 08.30 WIB di PCM Wanareja di aula SMP Muhammadiyah 1 Wanareja. Didampingi Ustaz Wahyu dari PDM Cilacap, dan dihadiri oleh semua anggota PCM/PCA, Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah se cabang Wanareja (10 Ranting), anggota Majelis dan Lembaga, Kepala AUM dan Guru/Karyawan AUM.

Pada kesempatan itu ia menyampaikan pentingnya silaturahmi dan hikmah perjalanan Rasullullah Muhammad SAW, yang dapat dipetik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

Di tempat yang lain Ustaz Bahtiar Efendi didampingi Wakil Ketua PDM Cilacap, Hamidan Majdi menyampaikan tema tentang wakaf di persyarikatan Muhammadiyah di wilayah PCM Cilacap Utara. “Ada minimal lima jenis wakaf, diantaranya wakaf berkenaan dengan uang, wakaf profesi, dan wakaf manfaat barang,” katanya.

Puncak kegiatan Safari Dakwah diakhiri Bedah Buku dengan judul “Ciri dan Keunggulan Paham Agama dalam Muhammadiyah”, di gedung Dakwah PDM Cilacap, Ahad (21/1/2024). Dibawah langsung oleh penulis sekaligus pimpinan rombongan Safari Dakwah PWM Jateng, Ustaz Ali Trigiatno. (agbin/elqi/aminm/sand)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *