MANAJEMEN MEDIA ONLINE

Pengertian Manajemen Media Online

Manajemen artinya pengelolaan, pengurusan, atau pengaturan. to manager yang artinya mengurus, mengatur, melaksanakan, atau mengelola.

Yang dimaksud dengan media online adalah media pers , media jurnalistik , media berita , atau media siber ( cyber media ), yatu media massa yang tersaji di internet –situs berita, majalah online, koran online.

Manajemen media online secara praktis artinya mengelola situs web berita. Konsep manajemen media online ini juga bisa diterapkan dalam mengelola website resmi lembaga/instansi dan website pribadi ( blog ).

Ruang lingkup manajemen media online meliputi desain, konten, dan pemasaran (Elemen Manajemen Media Online)

Fungsi Manajemen Media Online

Fungsi manajemen media pada hakikatnya sama dengan fungsi manajemen secara umum meliputi :.

  1. Perencanaan (perencanaan)
  2. Pengorganisasian (pengorganisasian)
  3. Actuating (penggerakan, pengarahan, pelaksanaan)
  4. Pengendalian (pengawasan, termasuk evaluasi).

Dalam manajemen media online, perencanaan dimulai dengan membuat media online resmi agar kredibel, termasuk langkah paling awal yaitu memilih nama domain dan nama media serta menentukan elemen manajemen media online –desain, konten, pemasaran.

Dalam pengorganisasian dibentuk tiga tim untuk mengelola media online:

Tim Redaksi (Editor Department) — terdiri dari pemimpin redaksi, redaktur (editor), dan reporter –termasuk fotografer.

Tim Pemasaran (Departemen Pemasaran) — terdiri dari manajer pemasaran atau pemimpin usaha, staf promosi, termasuk tim media sosial untuk Social Media Marketing (SMM).

Tim IT (Teknologi Informasi) — terdiri dari web developer, web designer, webmaster, dan SEO spesialis.

Elemen Manajemen Media Online diklasifikasikan dalam tiga bagian: desain, konten, dan pemasaran.

dalam

1. Desain Media Online

Bagian desain ( web design ) bertanggung jawab atas tampilan website. Desain media online rencananya ringan ( fast loading ), bersih ( clean ), ramah pengguna ( user friendly ), ramah seluler ( mobile Friendly ) atau responsive , dan ramah mesin pencari ( SEO Friendly).

Bagian desain ini bisa hanya satu orang, yaitu seorang desainer web atau pengembang web. Bagian desain ini pula bertanggung jawab atas SEO Website .

desain media web online

Di media (cetak), bagian desain ini adalah divisi penerbitan atau percetakan ( publishing department ) yang menangani desain tata letak (tata letak) media hingga percetakan.

2. Konten

Konten adalah isi media. Bagian konten media online dikelola oleh tim redaksi ( departemen editorial ), yaitu para wartawan . Struktur organisasi redaksi media umumnya terdiri dari:

Pemimpin Redaksi

Redaktur/Editor

Reporter/Fotografer

Koresponden/Kontributor.

Dari segi tulisan atau jenis informasi, media konten online secara umum sama dengan media cetak, yaitu berita, artikel, dan feature .

Dari segi format, konten media online tidak hanya berupa teks (tulisan), tetapi juga format lain, seperti video dan audio, sebagaimana karakteristik media online .

Dari segi topik, media konten online bisa beragam, mulai sosial, politik, ekonomi, hiburan, hingga olah raga, atau fokus ke topik tertentu, misalnya olahraga, teknologi, pertanian, kesehatan, atau dunia selebritas.

Situs berita umumnya berisi beragam topik. Web resmi instansi/lembaga umumnya berisi informasi kegiatan serta produk atau layanan.

3. Pemasaran

Bagian Pemasaran (marketing) bertanggung jawab mempromosikan media secara online dan offline.

Pemasaran secara online –disebut pemasaran online– termasuk Search Engine Optimization ( SEO ), Social Media Marketing (SMM), Social Media Optimization (SMO), dan pemasaran konten ( content marketing ).

SEO pencari mesin pencari

Bagian pemasaran atau promosi ini bertugas mempromosikan dan menyebarkan konten media ke berbagai akun media sosial, terutama Facebook dan Twitter.

Di era media sosial, bagian pemasaran dituntut piawai mengelola media sosial ( strategi media sosial ) untuk meraih jumlah pengunjung (trafik) atau jumlah kunjungan halaman ( tampilan halaman ).

Tentu saja, bagian pemasaran ini juga yang mencari sponsor, iklan, atau menangani AdSense. (Penyedia cara penayangan untuk mendapatkan uang) jika diperlukan.

Role Username

Username (nama pengguna), adalah nama unik yang dibuat oleh pengguna suatu platform, berfungsi sebagai identifikasi akun selain password untuk login. Selain itu, username juga punya peran untuk mempermudah pencarian data pengguna. Ada beberapa role username :

  1. Subscriber
  2. Contributor : Bisa Membuat Pos, Tidak bisa Publis, tdk Bisa Mengedit pos dari pengguna lai
  3. Autor (Penulis) : Menulis Pos, Bisa Mengakses, Pos, Plugin. Tidak bisa mengakses tema,  tdk bisa mengedit dari orang lain.
  4. Editor : Bisa Mengakses Pos, Media, dan tidak bisa mengakses Plugin, lebih tinggi dari Contributor atau Autor bisa mengedit
  5. Administrator : Pemilik Website hak setting yang membangun website.

Lihat halaman download mpi pdm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *